Internal Link Yang Wajib Bagi Situs

Bagi pemilik situs, jangan melupakan peran internal link yang sangat powerfull dalam optimasi. Bahkan google sendiri menuliskannya dalam panduan dan blog webmaster central bahwa hubungan antar artikel wajib ada dan minimal satu link untuk setiap postingan. Biasanya layanan optimasi profesional akan melakukan setting tentang teknik ini.

Mengapa internal link sangat penting? Ada dua alasan yang dapat saya sampaikan. Di antarnya:

Sebagai referensi keterkaitan antar postingan atau artikel. Jika anda melihat situs google, per artikelnya selalu di isi minimal satu link. Dan link yang dibuat biasanya mereferensikan artikel lain di dalam satu situs. Secara sederhananya, teknik ini menunjukkan relevansi antar artikel di dalam situs. Tapi jangan sampai anda paksakan. Toh selama isi konten tidak berhubungan, anda malah akan terjebak teknik keyword stuffing yang berbahaya. Jika memang tidak ada yang relevan, sebaiknya anda kaitkan ke halaman (page) atau ke homepage.
Teknik internal linking ini juga sangat membantu robot google untuk menjelajah keseluruhan isi situs. Jika anda memberikan perhatian seperti ini pada search engine, pasti situs anda akan disukai oleh search engine. Yang penting, lakukan sesuai pedoman yang disyaratkan oleh mesin telusur.

Jadi anda tentu sudah paham manfaat pembuatan jalur antar artikel ini. Dan jika anda perhatikan semua situs yang ada di halaman pertama google pasti memiliki internal link di dalamnya.