Mengapa HTTPS Mempengaruhi Posisi SERP?

Beberapa waktu yang lalu google mengumumkan bahwa situs yang menggunakan protokol HTTPS memiliki posisi SERP lebih baik daripada yang masih menggunakan HTTP. Keputusan search engine terbesar ini sangat tepat walaupun masih banyak yang mengalami kebingungan tentang pengaruh penggunaan protokol pengaman tersebut. Bagi yang masih bertanya-tanya mengapa penggunaan protokol HTTPS berpengaruh terhadap kualitas SEO, berikut ini penjelasan yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Penggunaan jalur protokol HTTPS mempengaruhi posisi di pencarian google karena situs yang menggunakan protokol ini berarti mengutamakan keamanan bagi pengunjung. Jalur ini lebih sulit dibobol hecker sehingga data pengguna situs akan aman dari pencurian data. Dan seperti kita ketahui, untuk meraih posisi optimal pada SERP maka ada 2 hal yang cukup berperan. Diantaranya, relevansi dan SEO non teknis. Untuk relevansi, faktor kualitas situs dan backlink cukup berpengaruh. Sedangkan untuk non teknis, pemilihan nama dan ekstension domain serta penggunaan protokol HTTPS sangat berperan. Prinsipnya, selama anda memberikan kemudahan bagi pengunjung, keamanan serta informasi lengkap, maka situs anda akan diperhitungkan google.

Pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah kapan sebaiknya harus mengganti jalur protokol ke HTTPS? Jawabannya adalah secepatnya. Apalagi jika situs anda memberikan akses pendaftaran user, melakukan pembayaran online (payment gateway) maupun sistem booking online. Pada chase tertentu, jika kompetitor anda sudah mulai beralih ke jalur HTTPS, maka segera lakukan perubahan juga.

Jika jalur protokol aman ini telah terpasang, maka langkah selanjutnya adalah, daftarkan situs pada webmaster tool dengan menggunakan HTTPS baik menggunakan www maupun non www. Untuk protokol lama jangan anda hapus dari webmaster agar dianggap sama oleh google. Jadi dalam webmaster google, anda memiliki 4 varian situs yang terdaftar. Yakni http://, http://www, https://, dan https://www.

Jika proses klaim webmaster selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perubahan internal link. Semua harus anda rubah dengan menggunakan HTTPS. Lalu bagaimana dengan backlink? Biarkan saja! Karena dengan backlink tidak dirubah maka kesan natural dapat terjadi. Lagipula di sinilah letak kegunaan melakukan klaim di webmaster tool menjadi 4 varian. Google akan memasukkan backlink dari protokol lama ke protokol baru (disebut juga redirect).

Demikian penjelasan tentang pengaruh penggunaan protokol HTTPS terhadap SEO situs, cara pendaftaran serta perbaikan url internal link akibat perubahan jalur tersebut. Semoga informasi ini dapat berguna bagi pebisnis online yang ingin memiliki posisi SERP optimal dan awet bertahan lama di pencarian google.